skip to Main Content

Dari Singkawang Singgah ke PDIKM dan Kubu Gadang

Disela sela sela kunjungan studi banding , Rombongan Kominfo Kota Singkawang Kalimantan Barat, diperkenalkan dengan wisata PDIKM dan Kubu Gadang–

“Udara disini sejuk, pemandangannya juga indah ya,”kesan itu disampaikan secara spontan oleh Sekretaris Kominfo Kota Singkawang,Kalimantan Barat Istri Handayani kepada Plt. Kadis Kominfo Kota Padang Panjang Ampera Salim, SH, M. Si, saat berkunjung ke Desa Wisata Kubu Gadang, Kamis (14/11). Tampak Kabid IKP Kota Padang Panjang, Ir. Zulheri, MM turut mendampingi.

“Disitu bagus buat berfoto,” Istri Handayani menujuk salah satu pelataran tempat duduk dengan backdrop bertuliskan Wonderful Indonesia Kubu Gadang yang dihiasi dua pasang Saluang dengan ukuran besar menggantung.

Lama mata Istri Handayani dan rombongan menatap hamparan sawah sembari duduk di pelataran. Plt. Kadis Kominfo Kota Padang Panjang Ampera Salim, SH, M. Si yang mendampingi bercerita asal muasal Desa Wisata itu. Istri pun terkesima dengan cerita bahwa wisata Kubu Gadang ternyata hasil dari kreatifitas muda mudi disitu yang didukung oleh para pemangku adat ( Ninik Mamak) setempat.

Plt. Kadis Kominfo Kota Padang Panjang Ampera Salim selanjutnya mengarahkan rombongan untuk berkeliling di sekitar persawahan. Di antara mereka ada yang mengabadikan moment dengan berswa foto. Tak lupa, mereka menyeruput Kopi Kawa yang disajikan Yuliza Zen Ketua Pokdarwis Kubu Gadang.

Dari hal serius terkait kerja pemerintah sampai hal hal ringan diceritakan mereka sore itu.
” Nanti tempat ini akan kami rekomendasikan kepada rekan rekan kami di Singkawang,” ungkap Istri.

Dari Desa Kubu Gadang, rombongan kemudian diajak ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minang (PDIKM). Rombongan disambut oleh Sekdako Padang Panjang Sonny Budaya Putra, AP, M. Si.

Belum lupa dari ingatan akan indahnya Kubu Gadang, rombongan sudah terkagum-kagum di PDIKM. rumah
gadang yang kokoh, arisitekturnya yang memiliki filosofi dan seni tinggi membuat rombongan betah berada disitu. mereka juga dipandu dengan cerita tentang adat istiadat serta kebudayaan Minangkabau.

2 objek wisata baik PDIKM maupun Desa Kubu Gadang ternyata memiliki ke khasannya masing masing. Kedua nya memiliki potensi yang mampu memancing kunjungan wisata ke Kota yang Berjuluk Serambi Mekah itu.
Banyak lagi objek wisata yang bisa dikembangkan di Kota Padang Panjang termasuk Masjid Asasi di Sigando (hrs)

Back To Top