skip to Main Content

Mengisi Hari Dengan Belajar Otodidak – #dirumahaja

Selain belajar di sekolah, seseorang juga bisa belajar apapun secara otodidak. Otodidak adalah belajar secara sendiri atau mandiri tanpa ada orang lain yang mengajarinya.

Dengan otodidak, seseorang dapat lebih mudah mempelajari apa yang mereka ingin pelajari. Meskipun terlihat susah, namun cara belajar ini memiliki banyak manfaat, yaitu melatih diri kita agar tidak mudah menggantungkan terhadap orang lain. Belajar otodidak juga dapat membuat kita berpikir kreatif dan kritis.

Akan tetapi adakalanya kita merasa jenuh dan bosan jika tidak terbiasa belajar otodidak. Dilansir dari Ublik.id berikut cara belajar Otodidak :

–Gunakan Lebih Dari Satu Media–

Belajar otodidak sangat berbeda dengan belajar pada suatu lembaga atau sekolah. Di sekolah, tersedia dengan lengkap hal-hal penunjang seperti buku pelajaran, alat praktik, atau apapun yang disediakan oleh sekolah kita.

Sedangkan belajar otodidak tidak memiliki semua itu. Oleh karena itu, sangat diperlukan media yang lebih untuk menunjang keberhasilan belajar otodidak. Media-media tersebut adalah buku yang dari perpustakaan maupun toko buku sesuai bidang yang akan dipelajari.

Selain buku, bisa juga majalah yang terkait dengan subjek yang dituju. Lalu, manfaatkan internet. Ada banyak sekali informasi yang dapat kita peroleh melalu internet yang mana akan sangat membantu.

–Manfaatkan Internet Dengan Maksimal Untuk Belajar Otodidak–

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Internet adalah media yang memiliki banyak manfaat. Jika kita telusuri lebih dalam lagi, terdapat banyak sekali yang ada di Internet, diantaranya adalah Youtube yang memudahkan kita saat belajar otodidak, karena menyajikan video-videoyang mudah dipahami.

Selanjutnya, adalah podcast. Podcast adalah episode program yang telah banyak tersedia di Internet. Selain melihat video, kita dapat mendengarkan melalui podcast yang menyajikan seputar hal apa saja yang menarik dan tentunya bermanfaat. Lalu berikutnya adalah website atau blog. Kedua platform ini sudah pasti muncul saat kita mencari suatu informasi di Internet. Lainnya adalah aplikasi penunjang sesuai bidang yang ditekuni.

–Manajemen Waktu–

Hal ini termasuk salah satu yang terpenting saat belajar otodidak, karena jika kita tidak pandai memanajemen waktu, maka tidak akan maksimal belajar kita. Belajar otodidak adalah pekerjaan yang dilakukan sendiri, itu artinya tidak ada yang mengatur waktumu seperti saat di sekolah atau perkuliahan. Maka sangat perlu untuk memanajemen waktu dengan baik agar hasilnya baik pula.

–Konsisten–

Konsisten sangat diperlukan dalam proses belajar otodidak. Mengapa? karena jika seseorang tidak konsisten dalam belajar, maka belajar tersebut akan menjadi sia-sia, atau paling tidak hasilnya tidak maksimal. Seperti tanaman, jika diberi air setiap hari, makan akan cepat pula tanaman tersebut tumbuhan berkembang dengan baik. Sama seperti otak kita, jika diberi dilatih setiap hari, maka akan meningkat pula kinerja otak dengan baik.

–Praktikkan Ilmu yang Diperoleh–

Hasil dari belajar tidak akan maksimal jika tidak dilatih atau dipratikkan. Terapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh saat belajar otodidak. Contohnya seseorang yang telah belajar otodidak tentang kepenulisan mempraktikkan ilmunya dengan menulis setiap hari. Walaupun masih jauh dari kata sempurna, menulis setiap hari akan melatih diri kita menjadi terbiasa. (Hrs/Ublik.co.id)

Back To Top