skip to Main Content

Pasar Usang Kelurahan Bersejarah dan Banyak Potensi

Tepat 1 Desember 2019 Kota Padang Panjang akan memasuki usia ke 229 tahun. Jika dibuka lembaran sejarah Kota Serambi Mekah, ini ada seruas catatan khusus tentang Pasar Usang.

Pasar Usang, adalah sentra ekonomi Padang Panjang di masa lalu sebelum Pasar Syarikat Padang Panjang Batipuh X Koto dibuat di posisi pasar pusat saat ini.

Pasar Usang memiliki Infrastruktur memadai sebagai sentra ekonomi di masa lalu. Ada Stasiun Kereta Api yang merupakan moda transportasi utama di jamannya. Ada jalan provinsi yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukitinggi, Batusangkar, Solok sampai ke Sawahlunto.

Pokoknya sangat strategis dan potensial sebagai sentra ekonomi.

Di masa perjuangan dulu, Pasar Usang juga menjadi pusat pergerakan melawan penjajah. Di Pasar Usang terdapat Rumah Sejarah milik Karnalis St. Pangeran yang merupakan Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat.

Di Pasar Usang pula berdiri Komplek Perguruan Diniyyah Puteri yang terkenal sejak dahulu hingga kini.

Kini Pasar Usang terus berkembang dan berbenah diri. Berbagai prestasi dari tingkat kota hingga provinsi sudah diraih oleh kelurahan ini.

Kekompakan dan kebersamaan warganya jadi modal utama keberhasilan Pasar Usang.

Pasar Usang juga memiliki destinasi wisata yang layak dan potensial untuk dikembangkan. Ada Stasiun Kereta Api yang masuk Warisan Dunia UNESCO. Ada destinasi alam Batu Limo dengan hamparan sawah menghijau dan sungai yang mengalir jernih. Sangat mengasyikkan jika Anda bermain River Tuning di sini. Ada Pincuran Kambang yang sudah tertata rapi dan instagramable untuk ber-swafoto.

Untuk kuliner Pasar Usang adalah gudangnya. Dimulai dari deretan lapau 24 jam di lapau panjang. Dilanjutkan sajian aneka kuliner di kawasan globe dan gatangan.

Ada lagi kawasan Eks Bioskop Karia yang sudah terkenal di kalangan para pemburu kuliner, khususnya untuk menu favorit Bakso Amin dan Bakso Pak De.

Pemuda Pasar Usang cukup aktif dalam kegiatan. Ada Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Paus TV, ada kelompok Media Tradisional Masyarakat ( Metra ) juga. Dalam beberapa even, pemuda menggelar hiburan rakyat di Globe.

Pasar Usang punya ragam potensi dengan dukungan dari berbagai pihak terkait dan kebersamaan warganya.

Pasar Usang terus berkembang. Pasar Usang kelurahan segudang potensi dan prestasi. (Buditanrajobujang)

Back To Top