skip to Main Content

Walikota Apresiasi Percasi Padang Panjang

Padang Panjang, Kominfo: Walikota Padang Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano memberi apresiasi yang tinggi kepada Percasi kota itu yang telah sukses menggelar turnamen olah raga catur tingkat nasional.

“Ini adalah sebuah terobosan berharga yang dilakukan Percasi Padang Panjang. Kita bangga sejumlah pecatur nasional ikut bermain di kota kita ini. Saya ucapkan terimakasih kepada saudara saudara yang berasal dari berbagai provinsi,” ujar Fadly di gedung pertemuan M. Syafei Padang Panjang, Rabu, (25/12).

Disebutkan, pihaknya menginginkan turnamen catur yang diadakan oleh Percasi (Persatuan Catur Indonesia) Kota Padang Panjang, itu mampu menjadikan olahraga catur di Padang Panjang dapat lebih baik dan maju.

“Semoga saja dengan adanya turnamen ini akan ada bibit bibit pecatur kita, yang bisa menjadi atlet nasional,” kata dia.

Karena itu dia mengajak semua kalangan untuk memasyarakatkan olahraga catur dengan aktif dan rajin memainkannya, apalagi di Padang Panjang kota dingin dan sejuk, sehingga bisa bermain dengan nyaman dan ke depan akan banyak atlet catur berkualitas.

Menurut Ketua Panitia Habibie, peserta yang hadir berasal dari Riau, Jakarta, Jambi, Sumut, Banten, Jateng, Sulbar, Jatim, Bengkulu dan Sumbar dengan jumlah peserta 143 orang.

“Bisa dikatakan turnamen catur yang digelar di Padang Panjang terbesar dan terberat, dibanding sebelumnya. Sebab diikuti oleh 13 provinsi,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, yang ini juga dapat dijadikan sebagai pencarian atau penjaringan atlet catur (pecatur) muda dan berbakat, baik di daerah maupun nasional.

Pada kesempatan kali ini juga ada pecatur junior yang berumur 10 tahun yang duduk di kelas 5SD, serta ada 7 peserta pecatur putri.

“Dalam pembinaan lingkungan salah satu tugas kami adalah menyelenggarakan turnamen catur ini sesuai dengan semangat nasional, yakni SDM Unggul Indonesia Maju,” katanya.

Dia juga meminta kepada bibit pecatur Kota Padang Panjang, yang ada saat ini, untuk memelihara dan meningkatkan teknik dan taktik di olahraga catur. Serta jangan pernah menyerah dalam mengukir prestasi.

Tampil sebagai juara pecatur bergelar Master Nasional (MN) asal Kota Pekan Baru (Riau) Nelson Roganda. Dari 9 babak permainan, Nelson Roganda berhasil meraih poin tertinggi dengan poin 8,5 MP, disusul juara Kedua, MN Hudallah dari Banten dengan poin 7,5 MP dan juara Ketiga MN Hardian Anwar dari Sumbar dengan poin 7,5 MP.

Atas keberhasilan sebagai pemuncak, MN Nelson Roganda berhak atas hadiah tabanas sebesar Rp10 juta, piala, dan sertifikat. Juara Kedua, MN Hudallah (Rp5 juta plus sertifikat), dan juara Ketiga, MN Hardian Anwar (Rp3 juta plus sertifikat).

Hadiah bagi pemenang pertama diserahkan Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, hadiah pemenang Kedua oleh Sekretaris Pencab Percasi Sumbar, Azraf Zawir, dan hadiah bagi pemenang Ketiga oleh Ketua Pengcab Percasi Kota Padang Panjang, Erizal.

Turut menambahkan Ketua Percasi Kota Padang Panjang Erizal, SH mengatakan Insyaallah kedepannya turnamen seperti ini akan terus kita lakukan.

Terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak, semoga kehadiran di kota Padang Panjang ini membangun silaturahmi antar pecatur dan sekaligus ajang uji coba kemampuan. (Release Kominfo/na-cg-ci)

Back To Top